Pengembangan Penerapan Marketing Digital Untuk Potensi Lokal (UMKM) di Kampung Cibadak
Sari
Kegiatan UMKM ini memproduksi makanan ber skala kecil untuk diperjual belikan dan bisa membantu perekonomian keluarga dengan mempertimbangkan potensi local yang ada pada masyarakat baik itu dari jasa dan juga bahan-bahan untuk diproduksi. Potensi local pada masyarakat Kp. Cibadak di Desa Leuwigoong dengan situasi lahan yang kering dan hanya beberapa pertanian yang cukup kuat diantaranya pohon singkong, dengan pohon singkong ini dimafaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan usaha kecil. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini merupakan mengembangkan potensi masyarakat setempat dengan melihat keadaan di daerah tersebut, seperti di Kp. Cibadak ini dengan lahan yang kering dan pohon singkong yang berlimpah sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan suatu produk yaitu dengan memproduksi Kicimpring dengan bahan utama 90% singkong dan sisanya merupakan rempah untuk memperkuat cita rasa dari kicimpring. Metode yang digunakan adalah pengetahuan melalui seminar pada masyarakat dan berkoordinasi dengan pelaku atau mitra UMKM dan narasumber dari perguruan tinggi untuk pengembangan suatu produk dalam pemasaran kicimpring pada masyarakat. Hasil dari pengabdian masyarakat melalui program besama dengan masyarakat ini untuk membantu UMKM di Kp. Cibadak baik itu dari system pemasaran, dan inovasi baru dan melalui seminar ini masyarakat bisa berkreasi untuk menyesuaikan dan bersaing dengan pasar. Keyword : UMKM, Digital marketing, Kp. Cibadak Â
AbstrakThese community businesses or MSME activities produce small-scale food to be traded and can help the family economy by considering the local potential that exists in the community, both from services and materials to be produced. Local potential in the Kp community. Cibadak in Leuwigoong Village with a dry land situation and only a few strong enough agriculture including cassava trees, with this cassava tree used by the community to be used as small businesses. The purpose of this community service is to develop the potential of the local community by looking at the conditions in the area, such as in Kp. This Cibadak, with dry land and abundant cassava trees, is used by the community to be used as a product, namely by producing Kicimpring with 90% cassava as the main ingredient and the rest is spices to strengthen the taste of Kicimpring. The method used is knowledge through seminars in the community and coordinating with MSME actors or partners and resource persons from universities for the development of a product in marketing kicimpring to the community. The results of community service through this joint program with the community to help MSMEs in Kp. Cibadak is good from the marketing system, and new innovations and through this seminar the community can be creative to adapt and compete with the market.
Keyword : UMKM, Digital marketing, Kp. CibadakÂ
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Nurly Meilinda, &. F. (2016). Generasi Anti Hoax (Sosialisasi Literasi Media). Jurnal Pengabdian Sriwijaya. Retrieved from http//:ejournal.unsri.ac.id
Potter, J. (2011). Media Literacy, Fifth Edition. . Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication.
Putra, I. K. (2017). Pengertian, Tujuan, Syarat-syarat dan Fungsi Seminar Pendidikan. In I. K. Putra. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Reno Fernandes, E. V. (2019). Optimalisasi Institusi Pendidikan Sebagai Upaya
Pengendalian Hoax. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.
Rio Hendra, &. B. (-). Sosialisasi Dampak dan Bahaya dari Berita Bohong (Hoax) bagi Generasi Milenial Indonesia. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat volume 1 nomor 3, 1 No 3. Retrieved from http//:openjournal.unpam.ac.id
Rita Kumala Sari, S. S. (2020). Workshop Pendidikan Literasi Media Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial Kepada "Komisi Pemilihan Umum Kota Tarakan" Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 23-28. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844/745 https://redcomm.co.id/knowledges/tren-content-marketing-terbaru-di-masapandemi-covid-19
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-danpenerapannya/
https://katadata.co.id/sortatobing/finansial/6125bb463f83b/umkm-adalah-ciriperan-dan-faktor-perkembangannya
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.14
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









