Sunday Painting dan Storytelling: Memperkenalkan Public Speaking kepada Anak Panti Asuhan Al-Hayat

Zikri Fachrul Nurhadi, Pramedistiyani Noer Ain Naya, Adinda Soraya, Ummu Salamah

Sari


Abstract 

Public speaking training through Sunday painting and storytelling activities at the Panti Asuhan Al-Hayat was successfully implemented using a systematic method. The activity began with initial observations to understand the condition of the underwear and the children's needs. Orientation is carried out through painting and storytelling activities, testing children's confidence in speaking in front of friends. The material is presented in age-appropriate language, covering the basics of public speaking, techniques and benefits. Practices are carried out to implement the material, exploring children's courage to speak in public. Evaluation involves questions and open discussion to assess the effectiveness of the program. The activity ended with public speaking practice, where children were given the opportunity to become MCs, presenters or storytellers. Evaluation is carried out with questions and discussions to see progress. This program aims to develop children's potential, increase self-confidence, and practice public speaking skills. This ability is invaluable in everyday life and various professional fields. The results of the practice showed increased self-confidence, although some still felt shy. Factors such as past experiences and fears do not affect their performance. Prizes are given as a form of appreciation and motivation. This public speaking training provides a good foundation for children to develop valuable communication skills in facing various situations in the future. This program not only provides practical benefits, but also motivates children to overcome shyness and build the confidence needed in public speaking. Keywords: Public speaking; sunday painting; storytelling.

 

Abstrak 

Pelatihan public speaking melalui kegiatan Sunday painting dan Storytelling di Panti Asuhan Al-Hayat sukses dilaksanakan dengan metode yang sistematis. Kegiatan dimulai dengan observasi awal untuk memahami kondisi panti dan kebutuhan anakanak. Program ini bertujuan mengembangkan potensi anak-anak, meningkatkan rasa percaya diri, dan melatih keterampilan public speaking. Kemampuan ini sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang profesional. Orientasi dilakukan melalui kegiatan painting dan storytelling, menguji kepercayaan diri anak-anak dalam berbicara di depan teman-teman. Materi disampaikan dengan bahasa yang sesuai usia, mencakup dasar-dasar public speaking, teknik, dan manfaatnya. Praktik dilakukan untuk mengimplementasikan materi, mengasah keberanian anak-anak untuk berbicara di depan umum. Evaluasi melibatkan pertanyaan dan diskusi terbuka untuk menilai efektivitas program. Kegiatan diakhiri dengan praktik public speaking, dimana anak-anak diberi kesempatan sebagai MC, presenter, atau pendongeng. Evaluasi dilakukan dengan pertanyaan dan diskusi untuk melihat kemajuan. Hasil praktik menunjukkan peningkatan kepercayaan diri, walaupun beberapa masih merasa malu. Faktor seperti pengalaman masa lalu dan ketakutan yang tidak realistis mempengaruhi performa mereka. Hadiah diberikan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi. Pelatihan public speaking ini memberikan dasar yang baik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang berharga dalam menghadapi berbagai situasi di masa depan. Program ini tidak hanya memberikan manfaat praktis, tetapi juga memotivasi anak-anak untuk mengatasi rasa malu dan membangun kepercayaan diri yang diperlukan dalam berbicara di depan umum.

Kata-kata kunci: Public speaking; sunday painting, storytelling.

Kata Kunci


Public speaking; sunday painting; storytelling

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ammah, E. S., & Lestari, S. (2022). Membina Kepedulian Masyarakat Terhadap Yatim Piatu Melalui Program Santunan Khatmil Qur’an. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59–66.

Anggriani, D., Hamima, N. W., Azka, K. F. L., & Umara, N. S. (2022). Mengembangkan Keterampilan Berbicara Dan Rasa Percaya Diri Melalui Public Speaking Bagi Anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Bahar, P. (2016). Seni Membawakan Pidato dan MC. Yogyakarta: Chivita Books.

Baumeyer, K. (2018). Public Speaking as a Communication Process. Diambil dari https://study.com/academy/lesson/public-speaking-as-a-communicationprocess.html

Dunar, H. (2015). My public speaking. Gramedia Pustaka Utama.

Fauzzia, W., Sofiani, F., Shaleha, D. N., Malik, N. A., Delia, R., Rubianti, W., & Wulandari, W. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Hayun, S. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Formal (Studi Kasus Di Desa Pilowo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai). E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(8), 1092–1104.

Masyhari, F. (2017). Pengasuhan Anak Yatim Dalam Prespektif Pendidikan Islam.

Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 233–251.

Muljanto, M. A. (2014). Mengatasi Rasa Takut Dan Tidak Percaya Diri Dalam Public

Speaking. Diambil dari

http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/168-artikelpengembangan-sdm/19844-mengatasi-rasa-takut-dan-tidak-percaya-diridalam-public-speaking

Mulyadi. (2000). Merangsang Kreativitas Anak dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Andi Offset.

Mulyana, A., Hamid, F., Mansur, S., & Susilawati, S. (2019). Kepemimpinan efektif melalui kompetensi komunikasi di Media Nusantara Citra Group. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 184–197.

Musyarrof, A. F., Nugroho, S. E., & Masturi, M. (2018). The analysis of students’ critical thinking weakness in senior high school on physics learning. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018), 38–41. Atlantis Press.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Diambil dari https://www.presentasi.net/author/noerpresadm

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Unika Atma Jaya.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Puspita, R. Y. (2017). Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio. Anak Hebat Indonesia.

Santoso, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schreiber, L., & Hartranft, M. (2013). Introduction to public speaking. San Francisco: Millersville University.

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Syaefudin, S. (2018). Kesadaran Keluarga Petani terhadap Pentingnya Pendidikan Formal. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 62–80.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan soft skills dan pendampingan siswa-siswi smk di kota bogor untuk persiapan memasuki dunia kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8.

Wahyudi, S. (2021). Daerah Terbanyak di Jabar yang Memiliki Anak Yatim Piatu Korban Covid-19. Diambil dari https://www.jpnn.com/news/daerahterbanyak-di-jabar-yang-memiliki-anak-yatim-piatu-korban-covid-19

Wakhyudi, Y. (2019). Kiat Praktis Kuasai Public Speaking, Tips dan Trik Berbicara diDepan Umum dengan Asyik dan Memukau. Yogyakarta: Checklist.

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Inovasi game-based learning sebagai solusi percepatan adaptasi belajar masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17–22.

Yuliawati, A. L. (2012). Gambaran Perilaku Caring Perawat Terhadap Pasien DiRuang Rawat Inap Umum. Universitas Indonesia, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i1.270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021