Penggunaan Aplikasi Android Dengan Inspring Suite 10 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Sari
In the current digital era, the use of technology has become a necessity in the learning process. One technology that can be utilized is the Android application, which can be an interactive and interesting tool for teachers in teaching in the era of digitalization. The Inspiring Suite 10 application is oriented towards education and programming which must be integrated with creative and relevant content. This service activity aims to improve the understanding and skills of teachers at SMPIT Ash-shidiqiyyah to explore the use of Android applications using Inspiring Suite 10 in PAI learning. The service method is carried out through several stages starting from the Introduction (Preliminary Study), Development of Training Materials, Participatory Approach, Initial and Final Training and Evaluation. Participants involved in the learning process with this application are 35 teachers at Asshiddiqiyah Middle School. Results of the activity This service shows an increase in teachers' understanding and skills in using the Android application with Inspiring Suite 10 in PAI learning which makes a positive contribution in increasing interest in learning, understanding of the material, and interaction between teachers and students. This application provides various features that support interactive learning, such as interactive learning modules, interactive question banks, and discussion forums for sharing experiences and understanding. Pretest and Posttest results show an increase in teachers' skills with an average Pretest result of 6.64 while an average Posttest result of 14.76.
Keyword: Andriod application; Ispring suite 10; PAI Learning.
Abstrak
Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi telah menjadi sebuah keharusan dalam proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi Android, yang dapat menjadi sarana interaktif dan menarik bagi para guru dalam mengajar pada era digitalisasi. Aplikasi Inspiring Suite 10 berorientasi pada pendidikan dan pemrograman yang harus diintegrasikan dengan konten yang kreatif dan relevan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru di SMPIT Ash-shidiqiyyah untuk mengeksplorasi penggunaan aplikasi Android dengan menggunakan Inspiring Suite 10 dalam pembelajaran PAI. Metode pengabdian yang dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari Pendahuluan (Preliminary Study), Pengembangan Materi Pelatihan, Pendekatan Partisipatif, Pelatihan dan Evaluasi Awal dan Akhir partisipan yang terlibat dalam proses pembelajaran dengan aplikasi tersebut yaitu para guru di SMP Asshiddiqiyah yang berjumlah 35 orang. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru dalam penggunaan aplikasi Android dengan Inspiring Suite 10 pada pembelajaran PAI memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, dan interaksi antara guru dan siswa. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mendukung pembelajaran interaktif, seperti modul pembelajaran interaktif, bank soal interaktif, serta forum diskusi untuk berbagi pengalaman dan pemahaman. Hasil Pretest dan Postest menunjukan peningkatan keterampilan para guru dengan rata hasil Pretest 6.64 sedangkan hasil Postest rata-rata 14,76. Kata-kata kunci: Aplikasi Andriod; Ispring suite 10; Pembelajaran PAI
Kata Kunci
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. 181–192.
Anita, Y., Thahir, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis
STEM : Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 401–412.
Azami, T. (2019). Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Digitalisasi Pembelajaran Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. 06(1).
Carolin, L. (2023). Pelatihan Dan Pengembangan Berbasis Digital : Implementasi Pembelajaran Daring , Platform Pelatihan Interaktif , Dan Teknologi Simulasi Dalam Pengembangan Karyawan. 1(4).
Fanaqi, C., Puspita, D. N., Alamsyah, F., & Syafiyah, S. (2021). Sosialisasi Anti Hoax Di Media Sosial. 1(1), 12–28.
Fitriani, A., Santika, R., & Shafadillah, M. (2023). Optimalisasi Media Sosial Dalam Upaya Promosi Potensi Wisata Desa Cupunagara Kecamatan Cisalak. 3(2).
Hendri, S. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. 5(4), 2395–2403.
Nazib, F. M., Ainissyifa, H., & Munawaroh, N. (2023). Digitalisasi Manajemen dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas ( SMA ).
Proceding The Annual Conference On Islamic Religious Education, 3(1), 295–
http://www.acied.pp-
paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/135
Nazib, F. M., Munawaroh, N., Saifullah, I., & Rahmat, A. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Melalui Budidaya Magot Untuk Meningkatkan Ekonomi Mandiri Pesantren. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNIGA, 03(01), 352–360.
Nazib, F. M., Nasrullah, Y. M., Saifullah, I., & Jamal, A. (2024). Penguatan Implementasi Literasi Digital dalam Membangun Critical Thinking Guru di Era
Revolusi Industri 4 . 0. Nawadeepa, 1, 1–6.
https://doi.org/10.58835/nawadeepa.v4i1.304
Ngayomi, S., Wastuti, Y., & Pratiwi, S. N. (2023). The Role of The School Principal In Improving Teacher Performance During The New Adaptation Period at
SMPN 1 Perbaungan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 7(1), 197–210.
https://doi.org/https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5300
Rahmat, R. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. 6(2), 116–126.
rohmah. ahmad, D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 194–200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v3i1.3744
Rustando, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 15(2), 4085–4092.
Sarah, E. a. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Aplikasi Quizizz Di Era New Normal (Penelitian Pengembangan Aplikasi Di Kelas Xi Man 1 Garut). Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 129–148.
Youssef, A. Ben. (2021). Digitalization of the economy and entrepreneurship intention. Technological Forecasting and Social Change, 164. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120043
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i1.278
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









