Sosialisasi Literasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Perekonomian UMKM

Haryadi Mujianto, Cindi Fatika, Hilda Rahmawati, Neneng Eka Purwaningsih

Sari


Abstract

Internet media has become a major necessity in various aspects of community activities throughout the world. Almost all individual and company activities involve the use of the internet, from education, work to business. The phenomenon that occurs is that there are still many business actors who do not utilize the internet, one of which is MSME actors in Pamalayan Village, Cisewu District, most of whom use social media platforms only as entertainment. Lack of socialization regarding digital marketing and marketplaces is one of the obstacles experienced by MSME players. MSMEs are required to be able to adapt to internet technology to be able to push their products into wider marketing areas. By utilizing the internet, MSMEs have the opportunity to develop their business with a wider reach domestically and internationally at relatively low costs and in a fast time. The aim of this Community Service is to carry out socialization programs in the form of seminars and training regarding digital marketing and marketplace literacy in Pamalayan Village. The method used in this activity is seminars and training in the form of lectures and direct practical assistance, while the method used in preparing this article is the descriptive method. The result of this PKM activity is that business actors in Pamalayan Village, Cisewu District, Garut Regency received a deeper introduction to digital marketing and the use of marketplaces as a means of online promotion to expand product sales areas and reach more potential target markets. Regular support from the government and private institutions is also needed to increase public insight and knowledge in the form of seminars, training and capital. It is hoped that this activity can contribute to increasing the knowledge and skills of the Pamalayan Village community in business development in line with technological developments.

Keywords: Digital marketing; literasi; UMKM.

 

Abstrak

Media internet menjadi kebutuhan utama pada berbagai aspek kegiatan masyarakat di seluruh dunia. Hampir seluruh aktivitas individu maupun perusahaan tidak luput dari penggunaan internet mulai dari pendidikan, pekerjaan hingga bisnis. Fenomena yang terjadi adalah masih banyaknya pelaku usaha yang kurang memahami pemanfaatan internet, salah satunya Pelaku UMKM di Desa Pamalayan Kecamatan Cisewu yang kebanyakan menjadikan platform media sosial hanya sebatas hiburan. Kurangnya sosialisasi mengenai digital marketing dan marketplace menjadi salah satu hambatan yang dialami para pelaku UMKM. UMKM dituntut untuk bisa beradaptasi dengan teknologi internet untuk dapat mendorong produknya ke area pemasaran yang lebih luas. Dengan memanfaatkan internet, Pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan jangkauan yang lebih luas secara domestik maupun internasional dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang cepat. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah melaksanakan program sosialisasi berupa seminar dan pelatihan mengenai  literasi digital marketing dan marketplace di Desa Pamalayan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu seminar dan pelatihan berupa ceramah dan pendampingan praktik secara langsung sedangkan metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode deskriptif. Hasil dari kegiatan PKM tersebut yaitu pelaku usaha di Desa Pamalayan Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut mendapatkan pengenalan lebih dalam tentang digital marketing dan pemanfaatan marketplace sebagai salah satu sarana promosi online untuk memperluas area penjualan produk dan menjangkau target pasar yang lebih potensial. Dukungan secara berkala dari pemerintah dan lembaga swasta juga diperlukan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam bentuk seminar, pelatihan maupun permodalan. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan  ilmu dan keterampilan masyarakat Desa Pamalayan dalam pengembangan usaha seiring dengan perkembangan teknologi. Kata-kata kunci: Literasi; pemasaran digital; UMKM.


Kata Kunci


Digital Marketing; E-commerce; Media Sosial.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

An-Niz?m, J., Bakti, J., Bangsa, B., Ekayanti, A., Maysaroh Chairunnisa, N., Nadhirah, Y., & Islam, U. (2022). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam 45 Literasi Digital pada Online Training Marketing dalam E-Commerce untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM LITERASI DIGITAL PADA ONLINE TRAINING MARKETING DALAM E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASA. 01, 187–192.

Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212-224.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–

https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Indra Permana, Asral, A., Endah Yaodah Kodratila, & Maha Putra. (2023). Literasi

Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Paguyuban

UMKM Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Joong-Ki : Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 2(1), 117–123.

https://doi.org/10.56799/joongki.v2i1.1295

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada

Masyarakat, 4(2), 253-266.

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran:

Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi

Bisnis, 5(1), 98-102.

Mujianto, H., & Mustopa, R. (2023). Edukasi Teknologi Komunikasi dan Informasi di

Desa Simpen Kidul Limbangan Garut. Jurnal Media Pengabdian

Komunikasi, 3(1), 275-289.

Mujianto, H. (2022). Pemasaran Produk Kopi Guntur Di Desa Dano Melalui Komunikasi Digital. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(2), 163-172.

Mujianto, H., & Nurhadi, Z. F. (2021). Sosialisasi Cyberpreneurship Desa Cinta Kabupaten Garut. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(1), 80-92.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Pati. Solusi, 20(4), 397-402.

Pudrianisa, S. L. G., Pangestu, A. G., Swandry, L., Adi, R. P., & Keddy, Y. W. (2023). Literasi Digital Marketing dan Pemanfaatan Marketplace Dalam Pengembangan Bisnis Online Pemuda Condongcatur. Jurnal ABDIMAS BSI, 6(1), 87–98.

Saleh G-, Pitriani R. Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” J Komun. 2018;10(2):103. doi:10.24912/jk.v10i2.2673

Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing

UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29-37.

Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan, R. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 167–178. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.481

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170-182.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i1.282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021