Komunikasi Efektif Melalui Public Speaking Dalam Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Siswa Zilenial SMA Negeri Bandung

Tresia Wulandari, Yusuf Hartawan, Nurul Intan Krisnayanti, Rakan Tristan Dirgana

Sari


Abstract

The current reality of education is that it only focuses on cognitive aspects, but the psychological and psychomotor aspects are still not comparable and must be further improved. Skills in socializing and communicating in public must be honed through psychological and psychomotor aspects. Fulfilling skills needs is not only limited to the classroom, where in the process of educational activities we only meet with teachers, but can be obtained through learning Public Speaking Soft skills, to grow and develop the art of speaking or to disseminate messages and information to other people, it can be seen the need for art and speaking skills as a form of contemporary change movement for Ziennials. The purpose of this service is to provide the importance of effective communication through public speaking in improving the soft skills of millennial students. Based on the problems identified, the service team provides solutions and methods that can overcome problems through effective communication planning through direction and training, guidance and mentoring of students to express creative ideas through the art of speaking, and working together in developing the personal potential of the Ziennial generation in the environment school. Service determines the approach method with direction and training, technical guidance (Bimteks) and mentoring. The results of this service show that student communication is not yet effective, so additional learning methods are needed so that female students at SMAN 20 Bandung have the ability to speak in front of teachers, among fellow students and also parents, so that it can have an impact on their ability to speak in public, so Soft Public speaking skills, to grow and develop the art of speaking for daily activities.

Keywords: Public speaking; soft skill; zilenial generation.  

 

Abstrak

Realitas saat ini pendidikan berfokus hanya kepada aspek kognitif saja namun aspek psikis dan psikomotorik masih belum sebanding dan harus lebih ditingkatkan. Keterampilan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi di depan umum harus diasah melalui aspek psikis dan apek psikomotorik. Pemenuhan kebutuhan keterampilan tidak hanya terbatas di dalam kelas saja, yang dalam proses kegiatan pendidikannya hanya bertemu dengan para guru, namun bisa didapat melalui pembelajaran Soft skill Public speaking, untuk menumbuhkan dan mengembangkan seni berbicara atau untuk penyebaran pesan dan informasi kepada orang lain, maka dipandang perlu seni dan keterampilan berbicara sebagai bentuk gerakan perubahan masa kini bagi kaum Zilenial. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pentingnya Komunikasi Efektif Melalui Public Speaking Dalam Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Siswa zilenial. Berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi tim pengabdian memberikan solusi dan metode yang dapat mengatasi permasalahan melalui perencanaan komunikasi yang efektif melalui pengarahan dan pelatihan, bimbingan dan pendampingan para siswa untuk menuangkan ide kreatif melalui seni berbicara, dan bekerjasama dalam pengembangan potensi diri yang dimiliki generasi Zilenial di lingkungan sekolah. Pengabdian menetapkan metode pendekatan dengan pengarahan dan pelatihan, bimbingan teknis (Bimteks) dan pendampingan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa komunikasi para siswa belum efektif sehingga perlu metode penambahan pembelajaran sehingga  siswa siswi di SMAN 20 Bandung memiliki kemampuan berbicara di depan guru, antar sesama siswa dan juga orang tua, sehingga dapat berdampak pada kemampuan berbicaranya di depan umum, maka diperlukan Soft skill Public speaking, untuk menumbuhkan dan  mengembangkan seni berbicara untuk kegiatan sehari-hari. Kata-kata kunci: Generasi zilenial; public speaking; soft Skill.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

C. Barker (2018). Cultural Studies: Teori dan Praktek. Jogjakarta: Kreasi Wacana.

Fanaqi, C., Nurkalam, F., Tias, D. A., Syahputri, S. D., & Octaviani, N. (2020). Komunikasi kesehatan bagi pelajar dengan pendekatan peer education. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35912/jpm.v1i1.62

Hartini, S. (2019). Pelatihan public speaking dalam upaya meningkatkan kualitas diri pada ikatan pelajar nahdlatul ulama kabupaten boyolali. 01(02), 81– 84.

Ilmi, M., Salma, A. M. A., Aulia, S. M., Sari, D. N., & Mandakini, N. (2023). Optimaslisasi Peran Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Pada Organisasi Ipnu/Ippnu.

Kominfo, T.P. (2015). Buku Saku Big Data. Kementrian Komunikasi dan Informatika. Nastia, N., Hastuti, H., Maulana, H. F., Susanto, R. I., Aldin, A., & Rasyid, L. O. M. (2022). Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif Melalui Media

Tiktok pada Remaja Karantaruna Desa Wajah Jaya. Abdimas Singkerru, 2(2), 130–141. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.179

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO,

(1), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117–122. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4335

Ongky Hojanto (2018). Public Speaking Mastery. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaludin. (2018). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

T. Simatupang (2008). Industri Kreatif Indonesia. Bandung

Yanti, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Kader Pada Organisasi Iskada. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2(1), 43.

Wijaya. (2015). Teknolohi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google, Yahoo!, Facebook, IBM. Google Play Book.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i1.288

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021