Mengembangkan UMKM Desa Keresek Melalui Pemasaran Digital Di Masa Pandemi Covid-19
Sari
Abstract
Knowledge of digital marketing and the ability to market products through digital-based media is very necessary given the regulations on social restrictions issued by the government. Today's technology continues to grow and the benefits of using the internet are felt for the users. Some people feel dependent on the existence of the internet, including the activities of Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) in utilizing information technology to run their business, especially in the era of the ASEAN Economic Community (AEC). With an understanding of using digital media to market products (Digital Marketing) it will make it easier for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to do marketing easily. Garut University KKN students are encouraged to market Tiktuk Gatra through social media, one of which is Instagram, Facebook, YouTube, and WhatsApp. The type of research carried out is qualitative and uses descriptive methods, where the author will describe or describe as a whole what is obtained in the field and what is obtained from scientific journals. The results obtained from the research carried out are the condition of the community that is still minimal in marketing through online media, there are still many people who are not obedient to the health protocol, KKN students help to market MSMEs through social media, KKN students get a positive response from micro and small business actors and from consumers who are interested in the advertisements that are made.
Keywords: Covid-19; digital; pemasaran; UMKM.
Â
Abstrak
Pengetahuan tentang digital marketing dan kemampuan memasarkan produk melalui media berbasis digital sangat diperlukan mengingat adanya peraturan tentang pembatasan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah. Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan dari pengabdian ini adanya pemahaman menggunakan media digital untuk memasarkan produk (Digital Marketing) akan memudahkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam melakukan pemasaran dengan mudah. Mahasiswa KKN Universitas Garut terdorong untuk memasarkan tiktuk gatra melalui media sosial salah satunya, instagram, facebook, youtube, dan wa. Jenis pengabdian yang di lakukan adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, di mana penulis akan mendeskripsikan atau menjabarkan secara keseluruhan apa yang di dapatkan di lapangan dan apa yang di dapat dari jurnal ilmiah. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah kondisi masyarkat yang masih minim akan pemasaran melalui media online, masih banyak masyarakat yang kurang patuh terhadap protocol kessehatan, mahasiswa KKN membantu untuk memasarkan UMKM melalui social media, mahasiswa KKN mendapat respons positif dari Pelaku usaha mikrokecil dan dari konsumen yang tertarik atas iklan yang di buat.
Kata-kata kunci: Covid-19; digital; marketing; UMKM.
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
Alisa Sri Nurkomala Wulan Sari1, Rafika Rahmawati2, 2020, MADDANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Journal homepage:
BAMBANG ARIANT, 2020, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis
Sarip, Aip Syarifudin dan Abdul Muaz Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 5, No. 1, Juni 2020
Rahmi Rosita,2020, Jurnal Lentera Bisnis DOI : PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA
Raharja, Natari (2021), Jurnal Pengabdian Masyarakat : PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v2i2.29
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









