Pelatihan Penulisan Press Release Untuk Pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung

Olih Solihin, Rina Sovianti, Zikri Fachrul Nurhadi

Sari


Abstract

The Regional General Election Commission (KPUD) of Bandung City always provides news releases to the mass media regarding the implementation of its work program. To make a news release requires expertise in making news press releases according to journalistic rules. The purpose of this community service is to provide news writing training to the public relations staff of the Bandung City Election Commission. This training method was carried out in the Bandung City KPUD meeting room, attended by 20 participants. The implementation of the training began with the provision of general material on public relations, the rules of writing press releases, straight news news, discussions, and exercises. The result of this community service activity is that the speaker explained the role of public relations, strightnews, the relationship between public relations and mass media. In the discussion session, the presenters asked the participants' understanding and expertise in making news releases, as well as the obstacles they faced. Most of the training participants claimed to have understood and had the ability to make news releases for the mass media, while a small portion admitted that they did not really understand. This press release writing training is expected to increase the participants' understanding and expertise in making news releases for the mass media.  

Keywords: Jurnalitic news; mass media; news; Press release.

 

Abstrak

Komisi Pemilihan Umum Dearah (KPUD) Kota Bandung selalu memberikan release berita kepada media massa berkenaan dengan pelaksanan program kerjanya. Untuk membuat release berita tersebut memerlukan keahlian dalam membuat press release berita sesuai kaidah jurnalistik. Tujuan pengadian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan menulis berita kepada staf Hubungan masyarakat KPUD Kota Bandung. Metode pelatihan ini dilaksanakan di ruang pertemuan KPUD Kota Bandung, diikuti 20 peserta. Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan pemberian materi umum mengenai humas, kaidah penulisan press release, berita stright news, diskusi, dan latihan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah, pemateri memaparkan mengenai peran humas, strightnews, kaitan kerja humas dengan media massa. Pada sesi diskusi pemateri menanyakan pemahaman serta keahlian para peserta dalam membuat release berita, serta kendala yang dihadapinya. Sebagian besar peserta pelatihan mengaku sudah memahami dan memiliki kemampuan membuat release berita untuk media massa, sementara sebagian kecilnya mengaku belum terlalu memahami. Pelatihan menulis press release ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman serta keahlian para peserta dalam membuat release berita untuk media massa.

Kata-kata kunci: Berita; berita jurnalistik; media massa; press release.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Aprilia, Vina. 2022. “PROSES PENULISAN DAN PUBLIKASI PRESS RELEASE.†IPB Bogor (ID).

Gandariani, Titis. 2016. “PUBLIC RELATIONS DAN KEMAMPUAN MENULIS PRESS RELEASE SEBAGAI PUBLISITAS KORPORAT Oleh.†Hubungan Masyarakat, Politeknik LP3I Jakarta Gedung sentra Kramat Jl. Kramat Raya No. 7-9 Jakarta Pusat 10450 Telp. 021 – 31904598 Fax. 021 - 31904599 2(1): 71–87.

Lubis, Evawani Elysa. 2012. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah.†Jurnal Ilmu Administrasi Negara 12(1): 51–60.

Luh, Ni, and Ratih Maha. 2013. “Persepsi Jurnalis Dan Praktisi Humas Terhadap Nilai Berita.†Ilmu Komunikasi: 83–96.

Salsabila, Aryvia. 2020. “STRATEGI BIRO HUMAS DALAM MENJALIN HUBUNGAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI.†IPB Bogor (ID).

Solihin Olih, Bahriyah Nurul Eiuis. 2021. “Pemanfaatan Big Data Untuk Literasi Digital Mahasiswa Bandung.†KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu …. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/viewFile/401/239.

Solihin, Olih, Zikri Fachrul Nurhadi, and Yuni Mogot. 2022. “Pelatihan Jurnalistik Bagi Organisasi Masyarakat Satria Sunda Sakti.†Junal Medkom Uniga 1(2): 108–18.

Wahyudin, Uud, and Dedi Rumawan Erlandia. 2018. “Peran Humas Pemerintah Dalam Pemasaran City Branding Melalui Media Massa.†Jurnal Common 2(2): 162–67.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v2i2.31

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021