Pendampingan Sosialisasi Petani Milenial Dalam Meningkatkan Keterampilan Karang Taruna Dusun Sadawarna Subang
Sari
Assistance for Socialization of Millennial Farmers in Improving the Skills of Karang Taruna Dusun 1 Sadawarna is based on the potential of natural resources in the form of vast land, as well as the hopes of community leaders, especially farmer groups, to improve the knowledge and skills of the younger generation as successors to sustainability in the agricultural sector. Assistance in the form of socialization is the initial opening in the form of a basis for creating motivation and encouragement for the younger generation. In the assistance, KKNM University of Subang students in 2024 as mediators used achievement methods including pretests and post-tests to measure changes in Karang Taruna's knowledge as participants regarding agriculture, with the results showing a significant increase. This socialization assistance aims to produce independent and empowered millennial farmers, and to form strong farmer groups. The results found that Karang Taruna as participants who initially did not understand the concept of millennial farmers, after training by conducting pre-tests and post-tests experienced a significant increase in knowledge with a figure of 17.33%. Keywords: Sosialization; milenial farmers; karang taruna.
Abstrak
Pendampingan Sosialisasi Petani Milenial Dalam Meningkatkan Keterampilan Karang Taruna Dusun 1 Sadawarna di latar belakangi dari potensi sumber daya alam berupa lahan yang luas, serta harapan dari tokoh masyarakat khususnya kelompok tani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan generasi muda sebagai penerus keberlanjutan dalam sektor pertanian. Pendampingan berupa sosialisasi menjadi awal pembuka berupa dasar untuk menciptakan motivasi dan dorongan kepada generasi muda. Dalam pendampingan, mahasiswa KKNM Universitas Subang tahun 2024 sebagai mediator menggunakan metode pencapaian ceramah yang dilakukan secara langsung dengan anggota anggota karag taruna Dusun 1 Sadawarna Kabupaten Subang. Adapun tahapan sosialisasi meliputi pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan pengetahuan Karang Taruna selaku peserta mengenai pertanian, dengan hasil menunjukkan peningkatan secara signifikan. Pendampingan sosialisasi ini bertujuan untuk mencetak petani milenial yang mandiri dan berdaya, serta membentuk kelompok tani yang tangguh. Hasil ditemukan bahwa Karang Taruna selaku peserta yang awalnya kurang memahami konsep petani milenial, setelah pelatihan dengan melakukan pre-test dan post-test mengalami peningkatan pengetahuan secara signifikan dengan memuat angka 17,33%. Kata-kata kunci: Sosialisasi; petani milenial; karang taruna.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
Dewi, N. S. D., Putri, D. A. P. A. G., Wardani, K. D. K. A., & Indrashwara, D. C. (2023). Pendampingan Umkm Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk
Jajan Upakara Untuk Mendapatkan Izin Edar BPOM. To Maega : Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 6(3), 461.
https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1790
Ega Agista, D., & Rohmah, S. (2020). Persepsi Petani Terhadap Nilai Socio-Culture
Lahan dan Pengaruhnya Terhadap Regenerasi Petani dan Ketersediaan Tenaga Kerja Pertanian di Desa Duren. Mkg, 21(2), 183–201. http://dx.doi.org/10.23887/mkg.v21i2.29297
Fatmawala, S., Latupapua, C. V., & Risambessy, A. (2023). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan Komunikasi Internal dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tengah. JIIP -
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3109
Jupri. (2012). Keberagaman Sumber Daya Alam di Indonesia. Sumber Daya Alam, 11150331000034, 1–147.
Manyamsari, I., & Mujiburrahmad. (2014). Karakteristik Petani dan Hubungannya dengan Kompetensi Petani Lahan sempit (Farmer characteristics and their relationship to competence in small farming). Agrisep, 15(2), 58–74. http://jurnal.unsyiah.ac.id/agrisep/article/view/2099
Nadziroh, M. N. (2020). PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN MAGETAN. Jurnal Agristan, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2348
Dispatch. (2017). ‘The Love’…Idol member’s hand gestures to make ‘Heart shape’.
Dipetik Maret 14, 2018, dari
https://www.koreadispatch.com/2017/09/21/the-love-idol-members-handgestures-to-make-heart-shape/
Nur'ani Nur'aeni. (2024). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Digital Bagi Masyarakat Desa Pangeureunan Kabupaten Subang. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 140150.
Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. 1–11.
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 6(3). https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
Nurhadi, Z.F. (2022). Sosialisasi dan edukasi literasi Digital bagi Masyarakat Desa Pangeureunan Kabupaten Garut. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 140150.
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i2.323
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021