Sosialisasi Pengentasan Kemiskinan Ekstrim Dengan Mengoptimalkan Pemasaran Produk Lokal Di Desa Simpang, Garut

Zikri Fachrul Nurhadi Nurhadi, Tinneke Hermina

Sari


Kemiskinan ekstrem di Indonesia, khususnya di desa-desa terpencil, menjadi tantangan signifikan dalam upaya pengentasan kemiskinan nasional. Desa Simpang di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, merupakan salah satu daerah yang mengalami kemiskinan ekstrem dengan potensi produk lokal yang belum optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pengentasan kemiskinan ekstrem dengan mengoptimalkan pemasaran produk lokal. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2024 di Desa Simpang. Sasaran kegiatan adalah para pelaku UMKM dan masyarakat desa dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Pelaksanaan sosialisasi ini didukung penuh oleh pihak perangkat desa dengan memberikan izin untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tersebut. Selain perangkat desa yang telah memberikan izin untuk menyelenggarakan sosialisasi tersebut masyarakat juga memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti sosialisasi. Metode pelaksanaan meliputi pemberian materi dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai strategi pemasaran produk lokal serta kesadaran akan pentingnya peran pemasaran dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi desa.


Kata Kunci


Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Pemasaran Produk Lokal, Sosialisasi

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Fattach, A., Wahyuli, E. F., Syairozi, M. I., & Ardella, T. O. (2021). REKONSTRUKSI SOSIAL EKONOMI PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI KELOMPOK USABA BERSAMA (KUBE) PENJUAL NASI BORANAN DI DESA SUMBEREJO KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/1358/1049

Hairah, U., Hatta, H. R., Mardais, M., Diyana, W. N. R., Irvansyah, M., Sadanu, A. I., & Mujiono, M. N. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Bagi Warga Dusun Rejosari, Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 213–216. https://melatijournal.com/index.php/jmas/article/view/74/60

Heryani, H., Rahman Hakim, A., & Prabowo Rona Saputra, P. (2024). Pendampingan dari Diagnosis Implementasi Green House Level Medium Sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan Ekstrim. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul, 3(Februari), 555–563. https://doi.org/10.20527/ilung.v3i3

Marlina, L., Saleh, Y., Putra Seta, A., Endaryanto, T., & Artikel, P. (2024). DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL BERBASIS POTENSI DESA REJO AGUNG MELALUI SOCIAL MEDIA DAN E-COMMERCE. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 3(1), 50–061.

Setyari, N. P. W., Bendesa, I. K. G., & Saskara, I. A. N. (2019). PROPORSI ADAT BUDAYA DI BALI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LOKAL. Jurnal Kawistara, 9(1), 91. https://doi.org/10.22146/kawistara.36526




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i2.326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021