Sosialisasi Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Lectora Inspire di SD Negeri Karang Bagja

Bety Miliyawati, Yanry Budianingsih, Silvy Sondari Gadzali

Sari


Abstract
Technology-based interactive learning media is one of the alternatives for teachers in providing learning in the classroom to make it more varied and interesting. The technology is the use of laptops and the lectora inspire application. A teacher must be able to create interesting learning media that is tailored to the needs of students. However, not all teachers are skilled at creating learning media, especially technology-based interactive learning media. Therefore, it is necessary to conduct socialization for teachers, especially at SDN Karang Bagja in creating interactive learning media based on lectora inspire. The purpose of this community service activity is to provide a seminar on the benefits of information technology in education, especially learning in elementary schools, as well as how to create or present interesting learning media using the lectora inspire application to teachers at SDN Karang Bagja. The methods used are in the form of seminars and direct practical assistance to teachers at SDN Karang Bagja. Before this community service activity was carried out, the teachers were given a questionnaire in the form of a google form, based on the results of the questionnaire it was found that the teachers at SDN Karang Bagja had never created interactive learning media based on digital (technology) and did not know or recognize the lectora inspire application. The results of the community service activities in the form of seminars are an increase in participants' knowledge about the benefits of technology in learning and participants understand and can practice making interactive learning media based on Lectora Inspire.
Keywords: Media; learning; interaktif; lectora inspire.

Abstrak
Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi merupakan salah satu alternatif guru dalam memberikan pembelajaran di kelas agar lebih bervariatif dan menarik. Teknologi yang dimaksud adalah penggunaan laptop dan aplikasi lectora inspire. Seorang guru harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Namun tidak semua guru terampil membuat media pembelajaran terutama media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi bagi guru-guru khususnya di SDN Karang Bagja dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan seminar terkait dengan kebermanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah dasar, serta bagaimana langkah pembuatan atau penyajian media pembelajaran yang menarik menggunakan aplikasi lectora inspire kepada para guru di SDN Karang Bagja. Adapun metode yag digunakan adalah berupa seminar dan pendampingan praktik langsung kepada para guru di SDN Karang Bagja. Sebelum dilaksanakan kegiatan pengabdian ini para guru diberikan angket dalam bentuk google form, berdasarkan hasil angket tersebut diketahui bahwa para guru di SDN Karang Bagja belum pernah membuat media pembelajaran interaktif berbasis digital (teknologi) dan belum mengetahui atau mengenal aplikasi lectora inspire. Hasil dari kegiatan pengabdian dalam bentuk seminar ini adalah adanya penambahan pengetahuan peserta tentang kebermanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta peserta menjadi paham dan dapat mempraktekkan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire. Kata-kata kunci: Media; pembelajaran; interaktif; lectora inspire.

Kata Kunci


Media; Pembelajaran; Interaktif; Lectora Inspire

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Maharani, I. N., & Saepuloh, L. (2017). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis It Bagi Guru-Guru Smp Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. Surya : Jurnal Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113–118. https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.58.

Norma Dewi Shalikhah. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala, XI, 101–115.

Putri, H. E., Solihah, E. F., Senjaya, R. P., Larassati, A., Putri, A., Yuwono, W., & Hutasoit, H. E. (2023). Sosialisasi Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital kepada Guru di UPTD SDN Purwamekar. Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 165–173. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.50.

Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i2.331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021