Penyuluhan Pola Komunikasi Ibu dan Anak Generasi Z Melalui Gathering Bersama Crocki Indonesia

Haryadi Mujianto, Fransiska Dewi

Sari


Fenomena perubahan pola komunikasi antara ibu dan anak dalam keluarga modern menjadi salah satu isu penting di era generasi Z, yang dikenal memiliki karakteristik digital native, berpikir kritis, dan cenderung independen. Kondisi ini sering menimbulkan kesenjangan komunikasi antara ibu sebagai generasi pendahulu dengan anak-anak mereka. Artikel ini membahas program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan pola komunikasi ibu dan anak melalui kegiatan gathering bersama Crocki Indonesia, sebuah komunitas keluarga kreatif. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman ibu tentang karakteristik generasi Z serta memberikan strategi komunikasi yang efektif dan berbasis empati untuk mempererat hubungan keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan partisipatif dengan ceramah interaktif, simulasi, dan diskusi kelompok. Sebanyak 30 keluarga dari berbagai latar belakang berpartisipasi dalam acara ini, yang dilaksanakan di lingkungan informal untuk menciptakan suasana nyaman dan kondusif bagi pembelajaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman ibu mengenai pola komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan anak generasi Z. Selain itu, partisipan melaporkan peningkatan kualitas interaksi keluarga setelah menerapkan strategi yang diajarkan, seperti mendengarkan aktif, pemilihan bahasa positif, dan pemberian ruang diskusi yang seimbang. Kegiatan ini juga berhasil memperkuat jaringan sosial antaranggota komunitas, yang dapat menjadi dukungan berkelanjutan dalam memperbaiki pola komunikasi dalam keluarga. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan program serupa untuk meningkatkan hubungan antaranggota keluarga di era digital.

Kata Kunci


Pola komunikasi; ibu dan anak; generasi Z; PKM; Crocki Indonesia

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Bronfenbrenner, U. (1994). Ecological models of human development. Readings on the Development of Children, 2(1), 37–43.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share Social Work Journal, 10(2), 199-208.

Handayani, S., & Pratama, R. (2024). Peran keluarga dalam mendukung perkembangan keterampilan bahasa anak. Journal of Early Childhood Education, 15(2), 112-123.

Maharani, A., Rahmah, M., Anisha, R. F., & Ardi, A. (2023). Menyiapkan Generasi Z yang Berkarakter dan Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 53-59.

Prensky, M. (2001), "Digital Natives, Digital Immigrants Part 1", On the Horizon, Vol. 9 No. 5, pp. 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Rahmawati, D., Lumatko, G., & Kesa, D. D. (2020). Generasi Digital Natives dalam Praktik Konsumsi Berita di Lingkungan Digital. Communications, 2(2), 74–98. https://doi.org/10.21009/COMMUNICATIONS.2.2.5

Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!. In Forum Manajemen (Vol. 35, No. 2, pp. 1-10).

Sari, R. A. P., & Yuliana, N. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua pada Anak Generasi Z terhadap Kesehatan Mental Anak. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(9), 41–50. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i9.1484

Twenge, J. M. (2017). IGen: why today's super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy-- and completely unprepared for adulthood (and what this means for the rest of us). First Atria books hardcover edition. New York, NY, Atria Books.

Yoanita, D. (2022). Pola Komunikasi Keluarga di Mata Generasi Z. Scriptura, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.33-42




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v4i2.337

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021