Pelatihan Teknik Penulisan Esai sebagai Strategi Komunikasi Literasi Bagi Fatayat NU Kabupaten Garut

Haryadi Mujianto, Chotijah Fanaqi, Resty Mustika Pratiwi, Amatillah Azizah Nurfatimah

Sari


Keterampilan menulis esai merupakan kemampuan penting dalam menyampaikan ide, opini, dan gagasan secara sistematis dan menarik. Namun, banyak anggota Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Garut yang menghadapi tantangan dalam menulis esai yang efektif, baik dari segi teknis maupun struktur penulisan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota Fatayat NU dalam menulis esai melalui pelatihan intensif. Metode yang digunakan meliputi pemaparan teori, praktik langsung, dan pendampingan personal dalam penulisan esai. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai struktur esai, penggunaan bahasa yang efektif, dan kemampuan menyusun argumen secara logis. Evaluasi dilakukan melalui penilaian esai yang dihasilkan peserta sebelum dan setelah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi, 85% peserta berhasil menghasilkan esai yang memenuhi kriteria baik. Program ini diharapkan dapat mendorong anggota Fatayat NU Kabupaten Garut untuk lebih aktif dalam menulis dan berkontribusi pada literasi di komunitas mereka.

Kata Kunci


Pelatihan menulis; esai; Fatayat NU; literasi; pengabdian masyarakat.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. Macmillan.

Fitria, R., Anfetonanda, G. A., & Trisnawati, I. K. (2023). Pelatihan Penulisan Esai Opini dan Mentoring Studi Lanjut bagi Pendidik Perempuan Indonesia. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 7(4), 378-387.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 193-212.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source ofLearning and Development. Prentice Hall.

Lestari, S., & Nawangsari, G. (2023). Pelatihan Menulis Esai Bagi Guru-Guru Amal Usaha Muhammadiyah di Kecamatan Gatak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 491-495.

McCarthy, P. (2016). Experiential Learning Theory: From Theory to Practice. Journal of Applied Learning & Teaching, 1(1), 14-20.

Stringer, E. T. (2014). Action Research. Sage Publications.

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75-79.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v5i1.412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021