Edukasi Teknologi Komunikasi dan Informasi di Desa Simpen Kidul Limbangan Garut

Haryadi Mujianto, Ridwan Mustopa

Sari


Teknologi komunikasi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh dunia. Aktifitas di bidang pendidikan, kesehatan, bisnis maupun hiburan dipermudah aksesnya dengan dukungan teknologi. Desa Simpen Kidul merupakan desa yang memiliki banyak potensi ekonomi yang terpendam. Sumber daya alam yang melimpah tersebar di Desa Simpen Kidul seperti beras, jagung, kunyit, kacang tanah, ketela pohon, tomat, ternak sapi, ayam kampung, ayam ras, itik, kambing, domba dan kerbau serta lele. Jumlah angkatan kerja yang kurang memadai membuat pemanfaatan sumber daya alam tersebut menjadi tidak terkelola dengan maksimal. Selain itu, kurangnya penguasaan masyarakat terhadap teknologi juga menjadi permasalahan dalam kegiatan ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pemanfaatan teknologi komunikasi. Teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai hal yang positif seperti contohnya dalam hal promosi dan penjualan. Bahan yang digunakan yaitu materi edukasi pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dengan metode yang digunakan yaitu seminar dan pelatihan berupa ceramah dan praktik secara langsung. Hasil pengabdian kepada masyarakat serta kontribusi  pengabdian kepada masyarakat di Desa Simpel Kidul yaitu bertambahnya pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan teknologi komunikasi guna mendukung perkembangan kehidupan masyarakat.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Budiana, H. R., Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Dharmakarya, 4(1).

Evariyanti, Estiyanti & Lavianto. (2019). Analisis Strategi E-Marketing Dalam Upaya

Peningkatan Penjualan Travel Agent Online mybaliwisata.com. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC) 3(1). 12-17. e-ISSN: 2548-6861. (https://doi.org/10.30871/jaic.v3i1.1154)

Irfani, Yeni & Wahyuni. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era ndustri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society) JCES. 3(3). E-ISSN 2614-3666. P-ISSN 2715-

(https://doi.org/10.31764/jces.v3i1)

Mardiani & Imanuel. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul Jakarta, 4(2). (https://media.neliti.com/media/publications/17909- ID-analisis-keputusan-pembelian-konsumen-melalui-media-online-e- marketing.pdf)

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Mujianto, H., & Nurhadi, Z. F. (2021). Sosialisasi Cyberpreneurship Desa Cinta Kabupaten Garut. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(1), 80-92.nISSN: 2809-6665.

Rizky, Hakim, Fauzi, Setyawati & Ari Ristanto. (2020) Implementasi Digital Marketing PAda UKM. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. 1(2).

Http://kbbi.web.id-Juni 2021 diakses pada 17 Mei 2023 pada pukul 08.00 wib.

Http://id.wikipedia.org-Juni 2021 diakses pada 17 Mei 2023 pad apukul 08.00 wib.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v3i1.42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021