Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Madrasah Aliyah Arafah Cendekia

Raden Ismira Febrina, Yosep Bustomi

Sari


Permasalahan masih rendahnya kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum masih menjadi isu penting dalam dunia pendidikan, khususnya di wilayah seperti Kabupaten Garut. Di MA Arafah Cendekia, sebagian besar siswa mengalami kecemasan saat harus menyampaikan pendapat atau melakukan presentasi, baik di dalam kelas maupun dalam kegiatan organisasi. Keterbatasan pembelajaran berbasis keterampilan komunikasi menyebabkan kemampuan public speaking belum terasah secara optimal. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan public speaking siswa yang berimplikasi langsung pada peningkatan rasa percaya diri mereka. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan selama satu hari penuh di MA Arafah Cendekia Garut, dengan pendekatan partisipatif dan praktik langsung. Tahapan pelaksanaan meliputi observasi awal, identifikasi kebutuhan dan penyusunan materi, serta kegiatan pelatihan yang terdiri dari penyampaian materi dasar, simulasi, dan praktik berbicara di depan publik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 75% peserta mengalami peningkatan signifikan dalam hal kepercayaan diri dan 82% mengaku lebih memahami teknik dasar public speaking. Selain itu, suasana belajar yang kolaboratif dan dukungan dari pihak madrasah menjadi faktor pendukung keberhasilan program. Kontribusi dari kegiatan pengabdian ini terletak pada model pelatihan public speaking berbasis praktik dan refleksi yang dapat diterapkan di madrasah lain, khususnya di wilayah dengan keterbatasan program pengembangan soft skill. Selain memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kompetensi komunikasi siswa, kegiatan ini juga memperkuat peran madrasah sebagai institusi yang tidak hanya membina aspek akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan keterampilan hidup.

Kata Kunci


Public speaking; Kepercayaan Diri, Madrasah Aliyah, Siswa

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Agung, D. S., & Hana, M. A. (2015). Efektivitas Pelatihan Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Psikologi Ilmiah, 7(2), 175–184. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI

Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 5(2), 8-.

Anggreni, A. (2020). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 186. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.86

Casmana, A. R., Timoera, D. A., Syafrudin, I., Pratama, M. A., & Pradana, A. W. (2021). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Sebagai Upaya Untuk Menjadi Warga Negara Global Bagi Generasi Muda. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 127. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i2.46124

Fahmi Abdulah, M., Surtiah, I., Santa, R., & Ginanjar, S. E. (2022). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Smp Ypu Bandung Melalui Kegiatan Public Speaking. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Adi Dharma), 1(1), 21–26. https://doi.org/10.58268/adidharma.v1i1.20

Girsang, L. R. M. (2018). ‘PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359

Hayati, S., Marhayani, D. A., & Basith, A. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Public Speaking Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 94 Singkawang. 61–66.

Rahmawati, A. A., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2021 dan 2022. 8(6), 625–632.

Rohim, S., & Putra, G. K. (2024). Pelatihan Public Speaking Bagi Siswa Binaan LazisMU Pimpinan Cabang Muhammadiya Kebayoran Baru. 4(1).

Sihabuddin, S., & Widiyowati, E. (2022). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Public Speaking Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. Amaliah: Jurnal …, 6(1), 105–109. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/article/view/1385%0Ahttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/AJPKM/article/download/1385/915

Susyetina, A., Chriswiyati, E. P., & Lase, S. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Budi Utama. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080

Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v5i1.420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021