Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemasaran Dimasa Pandemik Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menegah (Umkm)
Sari
Pandemi global Covid-19 yang melanda negara Indonesia memaksa agar masyarakat membatasi aktifitasnya. Penerapan pembatasan social yang bertujuan menahan laju pertambahan kasus tertular virus Covid-19 berdampak juga pada kehidupan social masyarakat diantaranya ekonomi. Permasalahan yang ditemukan di Desa Haruman, kecamatan Leles, Kabupaten Garut adalah kesulitan para pelaku UMKM utamanya dalam melakukan pemasaran hasil produksinya. Melihat kondisi di Desa Haruman tersebut, penulis melihat perlu dilakukan terobosan untuk dapat menjangkau target pasar UMKM yaitu dengan memanfaatkan perkembangan internet dan juga alat yang dimiliki oleh para pelaku UMKM. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pengenalan, sosialisasi dan pendampingan dalam memanfaatkan internet untuk kegiatan pemasaran yaitu memanfaat sosial media dan juga market place. Hasil pengabdian masyarakat di Desa Haruman, Kecamatan Leles adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan sosial media dalam melakukan pemasaran produk UMKM sehingga dalam kondisi pandemic dan adanya pembatasan sosial UMKM di Desa Haruman, Kecamatan Leles tetap dapat berjalan dan berkembang.
Kata-kata kunci: Pemasaran; umkm; media sosial.
Abstract
The global Covid-19 pandemic that hit Indonesia forced people to limit their activities. The implementation of social restrictions aimed at restraining the rate of increase in cases of contracting the Covid-19 virus has an impact on the social life of the community, including the economy. The problem found in Haruman Village, Leles sub-district, Garut Regency is the difficulty of the main MSME actors in marketing their products. Seeing the conditions in Haruman Village, the author sees that a breakthrough is needed to be able to reach the MSME target market, namely by utilizing the development of the internet and also the tools owned by MSME actors. Community service is carried out in the form of introduction, socialization and assistance in utilizing the internet for marketing activities, namely utilizing social media and also the market place. The results of community service in Haruman Village, Leles District are providing knowledge and skills in using social media in marketing MSME products so that in a pandemic condition and MSME social restrictions in Haruman Village, Leles District can still run and develop.
Keywords: Marketing; umkm; social media.
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20.
Damayanti, & Bulan, W. R. (2017). PKM Pemanfaatan Media Sosial Instagram Kelompok UKM Kuliner Depok. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–15.
Dyah, S., Irhas, E. M., Yuni, I., Rahajeng, A., & Dwi, R. E. (2019). Pemasaran Digital : Adopsi Media Sosial Pada UKM. Zahir Publishing.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha
Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.
Gani, A. A. (2019). Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Pada UsahaMikro Kecil di Desan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2), 415– 417.
Kurniawati, D. (2013). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2), 193–198. http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/download/200/162.
Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). Membangun Model Basis Penggunaan Teknologi Digital Bagi Umkm Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ius Constituendum, 6(1), 213. https://doi.org/10.26623/jic.v6i1.3191.
Mas’adah, Asngadi, & Hirmantono, A. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 43–48.
Munthe, R. T. J., & Rahadi, D. R. (2021). INOVASI DAN KREATIFITAS UMKM DI MASA PANDEMI Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan usaha mikro kecil dan menengah UMKM yang cukup banyak . Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) sudah mencapai 64 juta ( BPS , 2020 ). Angka tersebut. IX(1), 44–52.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108.
https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Raturahmi, L., Febrina, R. I., & Dewi SY, R. U. (2021). Pengenalan literasi media untuk pencegahan konflik sosial pada siswa sekolah dasar di wilayah perdesaan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 465. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.11438.
Rizki isnanda, E. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung
Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–4. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20445.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.6
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









