Pengembangan Pemasaran Produk Kulit melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid 19 di Sukaregang Kabupaten Garut

Novie Susanti Suseno, Adinda Lestari, Sistha Drana Sofyan, Ima Nurbayani, Khopiva Sri Yulianti

Sari


Abstrak

Kota Wetan merupakan kelurahan yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin kulit seperti kulit sapi, kulit domba dan kulit kerbau. Hasil olahan kulit tersebut dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai tinggi. Hasil olahan kulitnya dapat berupa jaket kulit, tas kulit, sepatu kulit dan masih banyak lagi. Pemasaran online saat ini telah menjadi tren untuk melakukan promosi, meningkatkan jumlah pelanggan baru untuk memperluas pasar, dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan pengabdian ini untuk membantu Toko Raflesia dalam memanfaatkan teknologi internet di bidang jual beli berbasis online (Whatsapp, Instagram dan Shopee) serta memperbaiki cara pengemasan produk agar lebih menarik. Tujuan tersebut dicapai melalui pelatihan pengelolaan dan memberikan pengarahan, pemahaman betapa pentingnya promosi produk menggunakan media internet. Serta melakukan pendampingan pelatihan pemasaran menggunakan sosial media dan E-Commerce sebagai bentuk promosi produk. Hasil dari kegiatan pengabdian ini membawa implikasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan Toko Raflesia dalam mengembangkan elektronik marketing, meningkatkan kemampuan pemasaran secara online, meningkatkan keterampilan dalam proses pengemasan produk serta meningkatkan pendapatan bagi toko tersebut.

Kata-kata kunci: Pemasaran online; pengembangan pengemasan produk; teknologi digital; sukaregang leather industry.

Abstract

Kota Wetan is a village where the majority of the people work as craftsmen of leather such as cowhide, sheepskin and buffalo skin. The processed skin products are used to become high-value products. Processed leather products can be in the form of leather jackets, leather bags, leather shoes and many more. Today's online marketing has become a trend for promotion, increasing the number of new customers to expand the market, and maintaining old customer loyalty to increase sales volume. The purpose of this activity is to help Raflesia Shop in utilizing internet technology in the field of online-based buying and selling (Whatsapp, Instagram and Shopee) as well as perfecting product packaging to make it more attractive. This goal is achieved through management training and providing direction, understanding the importance of product promotion using internet media. As well as providing marketing training assistance using social media and E-Commerce as a form of product promotion. The results of this activity have implications for increasing the knowledge and skills of Rafflesia Store in developing electronic marketing, increasing online marketing capabilities, increasing skills in the product packaging process and increasing revenue for the store.

Keywords: Online-Marketing; product packaging improvement; digital technology; sukaregang leather industry. 


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Ambar, R., & Sari, W. P. (2021). Komunikasi Pemasaran UMKM dalam Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe). Prologia, 5(1), 167. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10107

Andoyo, A., Mukodimah, S., Maseleno, A., Studi, P., & Informasi, S. (2020). Implementasi Mobile Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Anggota Koperasi Gentiaras Pringsewu. Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi, 03(01), 37–41. https://core.ac.uk/download/pdf/287199706.pdf

Azizah, N., Wahyudi, E. R., Nisa, K., Wahyudi, A. F., & Ummah, S. K. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 131–141. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675

Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan (Industri Kecil Menengah). Penerbit K-Media.

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen

Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70

Haka, N. B., Ansori, S., Dewi, N. K., Bilah, R. S., & Haryanto, A. P. (2020). Kegiatan E-Marketing Kewirausahaan Produk Makanan Lokal. Pengabdian Masyarakat (ADIMAS), 13–21.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Juhaeri. (2016). Pengaruh Internet Marketing Terhadap Kepercayaan Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Angkatan 2015 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Facebook. 001, 16–28.

Mustakim, M., & Syafrida, S. (2020). Pandemi Covid-19 Sebagai Alasan Force Majeure Dalam Melakukan Pemutusan Hubungan Kerja di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8), 695–706. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.16552

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Retnosari, I. E. (2017). Workshop Pemasaran Online Mahasiswa Kkn-Ppm Universitas Pgri Adi Buana Surabaya Desa Bulang Prambon Sidoarjo. Jurnal Abadimas Adi Buana, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.36456/abadimas.v1.i1.a678

Setyawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347.

Susilowati, I. H. (2021). Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(1), 282–291.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021