Sosialisasi Anti Hoax Di Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19

Chotijah Fanaqi, Sa'idah Syafiyah, Fauzi Alamsyah, Dita Nur Puspita

Sari


Abstrak

Teknologi di bidang komunikasi dan informasi berkembang begitu cepat. Seiring perkembangan teknologi tersebut memudahkan masyarakat dalam menerima dan mengakses berita atau informasi. Dengan kemudahan tersebut tentu memiliki dampak positif sebab membuat masyarakat lebih mudah menerima informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan. Namun di saat yang sama, dampak negative juga muncul, yakni dengan mudahnya berita hoax bisa diterima dari berbagai media sosial, terlebih lagi pada masa pendemi Covid-19. Berita hoax biasanya menjadikan ibu-ibu yang baru menggunakan teknologi informasi sebagai sasarannya. Selain itu, kaum ibu-ibu yang sebagian besar memiliki waktu luang yang cukup untuk mengakses media social menjadi sasaran utama penyebaran hoax menjadikan mereka korban sekaligus sebagai pelaku menyebarnya hoax di kalangan masyarakat. Dalam  upaya  untuk  menangkal  hoax  dan  memberikan  pemahaman  terkait  bahaya  hoax kepada masyarakat Kota Kulon khususnya di kalangan ibu-ibu kader yang rentan terkena berita hoax, maka dari itu tim pengabdian KKN universitas garut memberikan edukasi melalui penyelenggaraan seminar “Anti-Hoaxâ€. Tujuan dari seminar ini supaya ibu-ibu kader menjadi pengguna media sosial yang bijak, cerdas, dan cermat  dalam memilih  dan  memilah  suatu  informasi  sebelum dibagikan kepada orang lain, sehingga mereka tidak hanya mampu mencegah tersebarnya berita hoax, tapi juga menjadi agen perubahan di masyarakat untuk turut mencegah tersebarnya berita hoax di media sosial di kalangan masyarakat, terutama di kalangan ibu-ibu rumah tangga. 

Kata-kata kunci: Anti Hoax; Masa Pandemi; Media Sosial.

 

Abstract

Technology in the field of communication and information is developing so fast. Along with the development of technology, it is easier for people to receive and access news or information. With this convenience, it certainly has a positive impact because it makes it easier for people to receive the information and knowledge needed. However, at the same time, negative impacts also emerged, namely that hoax news could easily be received from various social media, especially during the Covid-19 pandemic. Hoax news usually targets mothers who are new to using information technology. In addition, mothers who mostly have sufficient free time to access social media are the main targets for the spread of hoaxes, making them victims as well as perpetrators of spreading hoaxes among the community. In an effort to ward off hoaxes and provide understanding regarding the dangers of hoaxes to the people of Kulon City, especially among cadre mothers who are vulnerable to being exposed to hoax news, the Garut University Community Service Team provides education through organizing an "Anti-Hoax" seminar. The purpose of this seminar is for cadres to become wise, intelligent, and careful users of social media in selecting and sorting information before sharing it with others, so that they are not only able to prevent the spread of hoax news, but also become agents of change in society to help prevent the spread of hoax news on social media among the public, especially among housewives. Keywords: Anti Hoax; Pandemic Era; Social Media.

 


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ageng R Cindoswari, &. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Media Pada Warga Belajar PKBM Sumber Ilmu di Kota Batam. Jurnal Abdi Moestoepo Vol

No 1 2020, 1 No 3. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/

Anissa Rahmadhany, &. A. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, Vol. 3 No.1

Januari 2021. doi:https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182

C.Stephanie. (2021). Tekno Kompas. https://tekno.kompas.com/. Retrieved Februari 23, 2021, from https://tekno.kompas.com/

Chotijah Fanaqi & Chairunnisa, A. N. (2020). Menangkal Hoax Melali Workshop Literasi Media dan Bedah Film TILIK bagi Karang Taruna Desa Karyamekar. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 59-67. , 59-67.

Diskominfo. (2018). https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17916pengertian-literasi-media. Retrieved from diskominfo.badungkab.go.id.

Juditha, C. (2020). People Behavior Related to The Spread of Covid 19's Hoax.

Journal Pekommas, 5(2), 105. doi:https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050201

M. Ismail Alif& A.Yudo Triartanto, A. H. (2018). Literasi Media dalam Menanggulangi Berita Hoax. Jakarta: Jurnal Abdimas BSI Vol 1 No 3 Agustus 2018. Retrieved from http//:ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Mastel. (2019, April 10). Survey Hoax Mastel. Retrieved from https://mastel.id.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurly Meilinda, &. F. (2016). Generasi Anti Hoax (Sosialisasi Literasi Media). Jurnal Pengabdian Sriwijaya. Retrieved from http//:ejournal.unsri.ac.id

Potter, J. (2011). Media Literacy, Fifth Edition. . Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication.

Putra, I. K. (2017). Pengertian, Tujuan, Syarat-syarat dan Fungsi Seminar Pendidikan. In I. K. Putra. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Reno Fernandes, E. V. (2019). Optimalisasi Institusi Pendidikan Sebagai Upaya

Pengendalian Hoax. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rio Hendra, &. B. (-). Sosialisasi Dampak dan Bahaya dari Berita Bohong (Hoax) bagi Generasi Milenial Indonesia. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat volume 1 nomor 3, 1 No 3. Retrieved from http//:openjournal.unpam.ac.id

Rita Kumala Sari, S. S. (2020). Workshop Pendidikan Literasi Media Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial Kepada "Komisi Pemilihan Umum Kota Tarakan" Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 23-28.

Sandi Jaya Saputra, &. J. (2018). Pentingnya Literasi Media,. Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 2 No 3. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19903/9564

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. EJournal BSI Cakrawala.

Septyana, V. (2018). Literasi Media Bagi Kaum Ibu Di RPTRA Dharma Suci. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, Vol.2, No.2. 126 - 130. 2018. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/

Tamburaka, A. (2013). Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliani, A. (2017, Desember 13). Kominfo Sorotan Media. Retrieved from https://kominfo.go.id/: https://kominfo.go.id/




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021