Pemasaran Produk Kopi Guntur Di Desa Dano Melalui Komunikasi Digital
Sari
Abstract
Tobacco and coffee are the main commodities produced in Dano Village. MSME actors in Dano Village produce Guntur Kopi, Coffee from Mount Guntur. In the midst of increasing demand for coffee in Indonesia and abroad, MSMEs are encouraged to develop Gunung Guntur coffee production as a regional superior product that should be promoted nationally. The problem faced by MSME actors is that the skills of MSME actors have not been maximized in introducing Guntur Kopi to the public. The purpose of this community service activity is to assist MSME actors in Dano Village in introducing the potential of Dano Village coffee products through digital marketing to the entire community so that they can preserve and be proud of the original local coffee products from Dano Village as well as provide an understanding of digital marketing strategies. The method used is to provide socialization about digital marketing and counseling on digital marketing techniques for Guntur Kopi. The results of this community service activity can help MSME actors in Dano Village in making good use of digital marketing to introduce their products to a wider scope and even hope to be able to export to foreign countries. Local government support is also needed to maintain and prosper coffee farmers so that they can continue to grow even bigger. Because this can also have an impact on Dano Village itself to become a productive village.
Keywords: Dano village; guntur coffee; communication; digital communication.
Â
Abstrak
Tembakau dan Kopi adalah komoditas utama yang dihasilkan di Desa Dano. Pelaku UMKM di Desa Dano memproduksi Guntur Kopi, Kopi dari Gunung Guntur. Ditengah permintaan akan kopi di Indonesia maupun mancanegara yang terus meningkat, para UMKM terpacu untuk mengembangkan produksi kopi Gunung Guntur sebagai produk unggulan daerah yang patut di angkat secara nasional. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah belum maksimalnya keterampilan pelaku UMKM dalam memperkenalkan Guntur Kopi kepada masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku UMKM di Desa Dano dalam mengenalkan potensi dari produk kopi Desa Dano melalui pemasaran digital kepada seluruh masyarakat agar dapat melestarikan dan bangga terhadap produk kopi lokal asli dari Desa Dano juga memberikan pemahaman mengenai strategi pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan sosialisasi mengenai pemasaran digital dan penyuluhan teknik pemasaran digital untuk Guntur Kopi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu pelaku UMKM di Desa Dano dalam memanfaatkan digital marketing dengan baik untuk memperkenalkan produknya ke ruang lingkup yang lebih luas bahkan diharapkan dapat tembus ekspor ke mancanegara. Dukungan pemerintah setempat juga diperlukan untuk mempertahankan dan mensejahterakan para petani kopi agar tetap berkembang bahkan lebih besar. Karena hal ini juga dapat berdampak bagi Desa Dano sendiri untuk menjadi Desa yang produktif. Kata-kata kunci: Desa dano; guntur kopi; pemasaran; pemasaran digital.
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Hidayati N, Pungkasanti PT, Wakhidah N. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku J Pengabdi Masy. 2020;3(3):119. doi:10.33633/ja.v3i3.129
Mulyansyah GT, Sulistyowati R. Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidik
Tata Niaga. 2020;9(1):1097-1103.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
Arifianto D, Umilasari R, ... Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace Untuk
Meningkatkan Pemasaran Produksi UMKM Bonpay Dan Arumfood. J Pengabdi
…. 2020;6(2):155-160.
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/v iew/4939
Setiawan W, Sama H. Penerapan Digital Marketing Menggunakan Instagram Pada Toko Indoraya Furniture. Conf Business, Soc Sci …. 2020;1:401-408. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1442
Saleh G-, Pitriani R. Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.†J Komun. 2018;10(2):103. doi:10.24912/jk.v10i2.2673
Sukmasetya P, Apriyani H, Wahyuni T, Wulan BS, Nugroho W, Ardiyansah AH. Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. J Abdimas PHB J Pengabdi Masy Progresif
Humanis Brainstorming. 2021;4(3):322-328.
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2331
Novianti KR, Roz K, Sa’diyah C. Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. J Apl Dan Inov Ipteks “Soliditas.â€
;4(2):187. doi:10.31328/js.v4i2.2769
Syifa YI, Wardani MK, Rakhmawati SD, Dianastiti FE. Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdi Kpd Masyarakat). 2021;2(1):6-13.
Abdurrahman G, Oktavianto H, Habibie EY, Hadiyatullah AW. Pelatihan Digital
Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. J
Pengabdi Masy Manag. 2020;1(2):88-92. doi:10.32528/jpmm.v1i2.3981 ä¸ä¿Šè˜ 1 , 邓宇洋 1 , 马 良 2. 2022;04(01):83-90.
Sasa S, Sapto Adi D, Triono MA, Supanto F. Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas J Pengabdi Masy Univ Merdeka Malang. 2021;6(3):358-371. doi:10.26905/abdimas.v6i3.5366
Permatasari D, Yogapratama F, Kurniafitra II, Islamiah W. Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm
Batik. Transform dan Inov. 2022;2(1):60-72.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/15717
Susanti E. Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis
Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala J Pengabdi Masy Pembang Sos Desa dan Masy. 2020;1(2):36. doi:10.24198/sawala.v1i2.26588
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i2.17
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









