Sosialisasi Cyberpreneurship Desa Cinta Kabupaten Garut
Sari
Trend berwirausaha di kalangan masyarakat Desa Cinta, Kabupaten Garut meningkat sejak awal tahun 2020. Munculnya produk lokal oleh-oleh khas Desa Cinta merupakan bukti otentik bagi perkembangan wirausaha di Desa ini. Pendistribusian produk kepada konsumen masih mengandalkan penjualan secara offline melalui toko oleh-oleh setempat. Adapun potensi yang dapat digali diantaranya adalah menjual produk secara online. Masalah yang dihadapi adalah masyarakat setempat belum terbiasa menggunakan internet sebagai media untuk menjual produk. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan sosialisasi mengenai cyberpreneurship yaitu berwirausaha melalui media internet. Bahan yang digunakan yaitu materi cyberpreneurship dengan metode/pendekatan yang digunakan yaitu seminar dan pelatihan berupa ceramah dan praktik secara langsung. Hasil pengabdian kepada masyarakat serta konstribusi pengabdian kepada masyarakat di Desa Cinta yaitu bertambahnya pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai cyberpreneurship sehingga produk yang mereka ciptakan dapat dijual secara lebih luas secara online ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian perkembangan perekonomian masyarakat Desa Cinta dapat lebih meningkat.Â
Kata-kata kunci: Kewirausahaan; cyberpreneurship; internet.
Abstract
The trend of entrepreneurship among the people of Cinta Village, Garut Regency has increased since the beginning of 2020. The emergence of local products typical of Cinta Village is authentic evidence for the development of entrepreneurship in this village. Product distribution to consumers still relies on offline sales through local gift shops. The potential that can be explored is selling products online. The problem faced is that local people are not used to using the internet as a medium to sell products. The purpose of this community service is to provide socialization about cyberpreneurship, namely entrepreneurship through internet media. The material used is cyberpreneurship material with the method/approach used, namely seminars and training in the form of lectures and direct practice. The results of community service and community service contributions in Cinta Village are increasing public knowledge and insight about cyberpreneurship so that the products they create can be sold more widely online throughout Indonesia. Thus the economic development of the Cinta Village community can be further increased.
Keywords: Entrepreneurship; cyberpreneurship; internet.
Â
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Gitosardjono, Sukamdani Sahid. (2013). Wirausaha Berbasis Islam & Kebudayaan. Jakarta: Pustaka Bisnis Indonesia.
Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Press.
Muhammad Syahrial Yusuf. (2013). Meraih Keajaiban Rezeki Dengan Wirausaha. Jakarta: Erlangga.
Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Evariyanti, Estiyanti & Lavianto. (2019). Analisis Strategi E-Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Travel Agent Online mybaliwisata.com. Journal of
Applied Informatics and Computing (JAIC) 3(1). 12-17. e-ISSN: 2548-6861. (https://doi.org/10.30871/jaic.v3i1.1154)
Febriyantoro & Arisandi. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro,
Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal
Manajemen Dewantara. 1(2).
(http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32)
Hapsoro, Palupiningdyah & Slamet. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 23 (2). p-ISSN: 1410-2765; e-ISSN: 2503-1252.
Irfani, Yeni & Wahyuni. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi
Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era ndustri 4.0. JCES (Journal of
Character Education Society) JCES. 3(3). E-ISSN 2614-3666. P-ISSN 2715-
(https://doi.org/10.31764/jces.v3i1)
Kader, Mulyatini & Setianingsih. (2018). Model Pemasaran Digital Marketing FB-Ads dan Email Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Ekonologi: Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis. 5 (2). P-ISSN: 2355-6099. e-ISSN : 2620-6188.
Lucyantoro & Rachmansyah. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Ekonomika ‘45. 5(1).
Mardiani & Imanuel. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Esa
Unggul Jakarta, 4(2). (https://media.neliti.com/media/publications/17909ID-analisis-keputusan-pembelian-konsumen-melalui-media-online-emarketing.pdf)
Oktaviani & Rustandi. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas.3(1). ISSN: 2528-6927. ISSN: 2541-3678.
Rahmawati, Mari. (2017). Pengaruh Penggunaan Cyberpreneurship Sebagai Media
Pemasaran Dalam Dunia Bisnis, Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa.
(1). 26-33. (https://www.neliti.com/publications/335147/pengaruhpenggunaan-cyberpreneurship-sebagai-media-pemasaran-dalam-duniabisnis).
Rizky, Hakim, Fauzi, Setyawati & Ari Ristanto. (2020) Implementasi Digital Marketing PAda UKM. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri. 1(2).
Yacub & Mustajab. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Brand
Awareness pada E-commerce. Manajerial. 12(2).
http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Definisi Cyberpreneurship. (2017). Tersedia dari:
https://dosen.perbanas.id/entrepreneurship-technopreneurship-dancyberpreneurship/ [26 Agustus 2021].
DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.4
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan Oleh:
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
085353325544
Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Supported by:
Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021









