Pengembangan Teknik Menulis Berita bagi Siswa SMA Muhammadiyah 25, Setiabudi, Tangerang Selatan
Abdul Khohar, Rita Pranawati, Anisia Kumala
Sari
Setiap siswa hendaknya dibekali dengan kemampuan soft skill yang mumpuni. Satu dari kemampuan soft skill yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis. Kegiatan menulis merupakan pengembangan dari mengimplementasikan budaya literasi di kelangan siswa. SMA Muhammadiyah 25 Pamulang adalah target pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para siswa di sekolah untuk dapat menulis berita tentang sebuah peristiwa. Dengan kemampuan tersebut diharapkan para siswa dapat membuat tulisan dalam bentuk berita yang dapat berguna bagi pengembangan skill mereka. Kegiatan PKM ini dilakukan melalui proses pelatihan dengan metode partisipatif. Metode partisipatif digunakan untuk mengajak peserta berpartisipasi dalam pelatihan dengan mengungkapkan pengalamannya, melakukan praktik menulis dan evaluasi oleh para mentor yang mendampingi. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa SMA Muhammadiyah 25 Pamulang dapat mengembangkan diri mereka dalam rangka menghadapi persaingan global yang ada di depan mata.
Desi YP. 2020 Jul 14. Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. J. Ilmu Komunikasi; Vol 17, No 1 (2019)DO - 10.31315/jik.v17i1.3510 .
Ferina Nurlaily, Priandhita Sukowidyanti Asmoro EKA. 2021. Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi. 19(1):1–9.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Pembangunan Kepariwisataan Melalui Pengembangan Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.
Muhamad A, Siti M. 2022. Kualitas pemasaran digital, produk dan distribusi dalam upaya mewujudkan kepuasan pelanggan. J. Pengemb. Wiraswasta. 24(2):85–94.
Sutarso, Y., Laga, S. A., Mukhlis, I. R., Suprianto, G., Pratama, Y. H. C., Natasya, A. R., & Maharani GD. 2023. No Title. J. Inov. Has. Pengabdi. Masy. 6(1):83–98.