Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Software MYOB Accounting Versi 18 (Studi Kasus pada RAI SJ LEATHER)

Novie Susanti Suseno, Mochamad Romdhon, Hidayat Sudaha

Sari


Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana transaksi yang terjadi, bagaimana aset-aset yang dimiliki, bagaimana penggunaan laporan keuangan, dan bagaimana manfaat yang diperoleh setelah menggunakan MYOB Accounting Versi 18. Diperlukan penyusunan laporan keuangan menggunakan software MYOB Accounting Versi 18 untuk menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan akurat sesuai dengan SAK ETAP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transaksi yang terjadi, aset-aset yang dimiliki, penggunaan laporan keuangan, dan manfaat yang diperoleh setelah menggunakan MYOB Accounting Versi 18. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Prosedur pemilihan informan yang digunakan ialah informan kunci UMKM Pengrajin Kulit adalah pemilik RAI SJ LEATHER. Berdasarkan hasil penelitian, output dari penggunaan software MYOB Accounting pada RAI SJ LEATHER menunjukkan bahwa laporan keuangan tahun 2018 dan 2019 terjadinya surplus dan tahun 2020 mengalami defisit.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


George, G., Merrill, R. K., & Schillebeeckx, S. J. D. (2021). Digital Sustainability and Entrepreneurship: How Digital Innovations Are Helping Tackle Climate Change and Sustainable Development. Entrepreneurship: Theory and Practice, 45(5), 999–1027. https://doi.org/10.1177/1042258719899425

Higgins, J. M. (2016). The Future of Jobs Employment, Skills, and Workforce Strategy for the Fourth Industrial Revolution Growth Strategies. World Future Review, 5(1), 11–23.

König, M., Ungerer, C., Baltes, G., & Terzidis, O. (2019). Different patterns in the evolution of digital and non-digital ventures’ business models. Technological Forecasting and Social Change, 146(May), 844–852. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.05.006

N. Awinja, N., & I. Fatoki, O. (2021). Effect of Digital Financial Services on the Growth of SMEs in Kenya. African Journal of Empirical Research, 2(1), 79–94. https://doi.org/10.51867/ajer.v2i1.16

Ong, D. (2021). Kegagalan UKM dalam Menjalani Transformasi Digital. Media Indonesia.

Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.

Wiliandri, R.-. (2020). A Conceptual Approach to Identify Factors Affecting the Digital Transformation of Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs) during Covid-19 Pandemic in Indonesia. Ekonomi Bisnis, 25(2), 66. https://doi.org/10.17977/um042v25i2p66-85




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v3i1.58

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021