Bahasa Inggris Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing

Muhamad Hilman Firmansyah, Feri Purnama

Sari


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas yang termuat dalam tridarma perguruan tinggi. Sebagai salah satu bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat, penulis menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang menyasar para ekspatriat yang berada di lingkungan PT. Changsin Reksa Jaya Leles Garut. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut penulis bertindak sebagai pengajar yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa instruksional atau alat komunikasi utama pada saat kegiatan pembelajaran. Tujuan utama kegiatan pengabdian dalam bentuk pembelajaran BIPA ini adalah untuk membekali para ekspatriat yang berada di lingkungan PT. Changsin Reksa Jaya, Leles Garut, wawasan, pengetahuan dan praktik langsung Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi primer para karyawan yang bekerja di sana. Kegiatan pengabdian melalui pembelajaran bahasa ini diharapkan para ekspatriat yang memegang posisi top management mampu berkomunikasi langsung baik secara lisan maupun tulisan dengan para karyawannya yang mayoritas kurang mampu menguasai Bahasa Inggris lisan maupun tulisan. Untuk mengukur efektivitas kegiatan ini, penulis memilih metode subjek tunggal (single-subject design). Metode eksperimen subjek tunggal dipilih karena responden yang diteliti mempunyai jumlah yang terbatas, yakni sekitar 3-5 orang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran BIPA dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi selama pembelajaran efektif memfasilitasi interaksi antara pembelajar dan pengajar, (2) Bahasa Inggris yang digunakan sebagai Bahasa instruksional dalam pembelajaran BIPA efektif meningkatkan kemampuan pemproduksian kalimat bahasa Indonesia ketiga pembelajar walaupun tiap-tiap pembelajar memiliki tipe kesulitan yang beragam.

Kata-kata Kunci: Bahasa Inggris; Media Komunikasi, BIPA.

Abstract

Community service is one of the tasks in tridharma (main duties) of higher education. As a form of community service implementation, the writer organized Indonesian Language Learning for Foreign Speakers (BIPA) activities targeting expatriates who are in Changsin Reksa Jaya Ltd, Leles Garut. In the learning activities, the writer roled as a teacher who used English as an instructional language or the main communication media during learning activities. The main objective of BIPA learning service is to equip expatriates around Changsin Reksa Jaya Ltd, Leles Garut, insight, knowledge and hands-on practice of Indonesian as the primary communication mean for the employees who work there. Through this service activity the expatriates holding top management positions there are able to communicate with their employees in the terms of spoken and written English, in fact majority of them have less proficiency level of Indonesian language. To measure the effectiveness of this activity, the authors chose the single-subject design method. The single-subject experimental method was chosen because the respondents studied had a limited number, which was about 3-5 people. The results of the service show that (1) the implementation of BIPA learning by using English as a communication tool during learning effectively facilitates interaction between students and teacher, (2) English which is used as an instructional language in BIPA learning is effective in increasing the ability to produce Indonesian sentences for the three learners although each learner has a different type of difficulty. Keywords: English; Communication Media, BIPA.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustin, D. T., Mujiyanto, J., & Artikel, I. (2015). the Use of Bahasa Indonesia (L1) in the Intensive English (L2) Classroom. English Education Journal (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang), 5(1), 1–9.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65.

https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Chairina, V. (2019). Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan. 354–364. https://doi.org/10.31227/osf.io/xdqjg

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom

Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di

Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183191.3281

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 260–267.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Kurniawan, K., Widia, I., Indonesia, U. P., Pengajaran, M., Indonesia, B., & Pasifik, A. (2020). Pelatihan metodologi pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing. 1, 16–22.

Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran

Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121– 142. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142

Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN:

Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1.

https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223

Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal

Pengabdian Kepada ….

http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781%0Ahttp://journal.unpad .ac.id/pkm/article/viewFile/19781/9596

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58– 64.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal [Introduction to Single Subject Research]. 139.

Taftiawati, M. (2014). Strategi Komunikasi Pembelajaran BIPA UPI Asal Korea Selatan dalam Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar. Pembelajaran BIPA, 1(1), 1– 8.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., &

Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi

Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2),

https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835

Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal

Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/inde x.php/lp3m/article/download/19211/16053

Wulan, E. R. (2014). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.52434/medikom.v1i1.7

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Diterbitkan Oleh:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Media Pengabdian Komunikasi Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

  

Copyright © medikom.fkominfo.uniga.ac.id 2021